UNNAR Bahas Kerjasama dengan Delft Technological University, Belanda

UNNAR Bahas Delft

Delegasi Universitas Narotama (UNNAR) yang dipimpin oleh Rektor Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST, M.HP singgah ke Belanda untuk pertemuan kerjasama dengan Delft Technological University (Delft TU) di kota Delft pada Jumat, 15 April 2015. Berlokasi di Fakultas Teknik Sipil dan Geoscience, delegasi UNNAR diterima secara resmi oleh Dr. Xueyan Liu M.Sc (Senior Researcher di bidang Pavement Engineering), Kumar Anupam, Ph.D dan Panos R. (Post Doctoral Researcher Staff di bidang Road Engineering).
Pertemuan diawali presentasi UNNAR mengenai kiprah dan prestasi yang dilanjutkan dengan overview tentang Fakultas Teknik UNNAR serta potensi kolaborasi yang diusulkan. Delft TU mempresentasikan juga overview fokus riset dan kegiatan mereka di bidang pavement engineering. Delft TU dengan 8 fakultas mampu menampung lebih dari19.000 mahasiswa, 1.743 diantaranya di jurusan civil engineering dan geosciences, 3.300 staff akademik, serta 2.200 staff admin. Mahasiswa internasionalnya Delft TU datang dari indonesia, China dan negara lain diluar Eropa, khususnya untuk jenjang S2 dan S3 yang pengajarannya dalam bahasa Inggris.
Hasil diskusi dari pertemuan tersebut menyimpulkan ada empat common interest diantaranya road skidding, moisture in pavement, rain in pavement dan temperature of pavement, mengingat hal-hal tersebut adalah problem yang ditemui baik di Indonesia maupun di Belanda. Adapun pre activity yang dapat segera diimplementasikan adalah lecturer exchange untuk memperluas dan memperdalam keilmuan serta ketertarikan di bidang asphalt, setelah itu dilanjutkan dengan joint research.
Minutes of meeting (MoM) dari pertemuan ini akan segera dikirimkan kepada kedua belah pihak untuk selanjutnya diajukan ke level unversitas melalui kantor internasional Delft TU agar diproses menjadi MoU. Hadir dalam rapat tersebut dosen UNNAR Prof. Hendro Subroto, Ph.D yang merupakan ahli dalam bidang aspal dan telah dikenal luas atas patennya untuk aspal yang sangat durable untuk peruntukan city road dan high way bernama DESA.(A!)

UNNAR Bahas Delft
Foto: (Kiri – Kanan) Prof. Hendro Subroto, Ph.D, Kumar Anupam, Ph.D, Panos R, Dr. Xueyan Liu M.Sc, Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST, M.HP, Dr. Reswanda T . Ade, M Ikhsan Setiawan, ST, MT, dan Ani Wulandari, SS, MM.