LPPM UNNAR Adakan Workshop Perspektif UMKM

lppm Unnar

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Narotama (UNNAR) mengadakan “Workshop Perspektif UMKM” dengan narasumber Adiran E.D. Saerang, SE, MBA (Senior Consultant Infobank Institute) yang berlangsung di Conference Hall Lt.2 pada Rabu, 20 April 2016. Peserta workshop terdiri atas mahasiswa dari berbagai program studi dan dosen yang memiliki minat besar terhadap kewirausahaan.
Adiran E.D. Saerang dalam paparannya tentang “UMKM Berdasarkan Persepsi Bank” mengatakan, penyebab turunnya kualitas kredit UMKM disebabkan antara lain ketatnya likuiditas dan dampak kenaikan suku bunga Kredit UMKM akibat laju Inflasi (7,04 %), naiknya Upah Minimum Propinsi (UMP) terutama untuk Usaha Padat Karya (11,02%), terlalu ekspansifnya Bank Umum menyerbu Pasar Mikro dengan melanggar Prinsip Prudential Banking (36,51%), serta menurunnya pemahaman SDM Bank terhadap Konsep Bisnis UMKM yang sebenarnya (45,43%).
Adiran mengenalkan konsep mikro banking, dalam konsep ini bank akan bergelut dengan segmen usaha kecil yang seluruhnya belum disentuh oleh praktek perbankan formal (unbankable market). Segmen tersebut lemah dalam modal, administrasi usaha, penetrasi pasar, agunan, dan perencanaan usaha. Namun kuat dalam unsur kepercayaan, pengalaman usaha, lingkungan usaha sekitar (lokal), dan sensitivitas usaha (tahan banting). Kebutuhan modal segmen mikro saat ini hanya dilayani oleh perusahaan pegadaian, rentenir, tengkulak, koperasi simpan pinjam, dan lembaga-lembaga keuangan tradisionil.
“Mengembangkan kredit UMKM adalah membangun konsep baru dimana praktek perbankan yang dilakukan oleh rentenir, pegadaian, koperasi simpan pinjam dan usaha lain yang dilakukan secara informal diubah menjadi formal,” kata Adiran E.D. Saerang.
Kepala LPPM UNNAR Dr. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT mengatakan kegiatan ini untuk mendorong pemanfaatan hasil penelitian yang dapat berguna bagi masyarakat, mendorong terciptanya sinergi antara UNNAR dengan dunia usaha serta menumbuhkembangkan wirausaha baru. Bentuk kegiatan ini seperti Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) khususnya untuk kalangan mahasiswa. [nar]

lppm Unnar
Foto: Workshop Perspektif UMKM dengan narasumber Adiran E.D. Saerang, SE, MBA berlangsung di Conference Hall Lt.2 pada Rabu, 20 April 2016.